Website e-commerce Penyedia untuk Berjualan & Membeli | Terdapat Kelebihan & Kekurangannya

Website e-commerce yang cocok & Kelebihan dan kekurangan websitenya


Tentunya ada banyak kelebihan dan kekurangan  yang dapat kita ketahui bersama. Bagi Anda yang ingin memulai bisnis online  maka sudah tentu detail dari masing-masing situs seperti e-commerce wajib diketahui. Pasalnya situs e-commerce ini akan berfungsi sebagai media baik untuk penyalur atau media untuk kita mencari makan alias uang hehe jadi siapkan amunisi dan tekat yang kuat jadi sangat perlu di simak di tempat yang manakah yang tepat untuk berdagang/membeli.Manusiapun tidak luput dari KATA tidak sempurna begitu juga karya manusia baiklah kita simak Kelebihan dan Kekurangan Website e-commerce yang beredar di indonesia.

 

10 Kelebihan dan Kekurangan Bukalapak yang Wajib Diketahui

Pertama langsung kita bahas tentang website jual & beli dari Penyedia website tersebut yaitu Bukalapak.com

Kelebihan Bukalapak System & Tampilan

  1. Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh Bukalapak ini adalah inovasinya yang cepat dibenahi, khususnya dari sisi tampilan yang lebih terlihat lebih baik.
  2. Kemudahan ketika menambahkan gambar produk, bahkan dapat menggunakan metode drop and drag hingga 5 gambar sekaligus.
  3. Manajemen stok produk yang lebih akurat. Ketika produk tengah menanti pembayaran, maka jumlah stok produk akan secaar otomatis berkurang. Sedangkan saat transaksi dibatalkan, maka jumlah stok produk akan dikembalikan. Sehingga mencegah pembeli membayar stok ptoduk yang kosong.
  4. Tersedianya fitur opsi untuk ongkos kirim dari berbagai jasa ekspedisi.
  5. Adanya fitur diskon pada produk yang dijual, bahkan pihak Bukalapak juga kerap menyediakan promo diskon yang dapat meningkatkan penjualan.
  6. Proses transfer yang cepat, dana akan masuk ke bukadompet setelah 1 hari data tracking produk sampai ke pembeli.
  7. Tampilan yang simple dan tidak berat.
  8. Memiliki fitur Widget yang dapat digunakan untuk promosi lapak ke situs lain.
  9. Tingkat keamanan yang tinggi dengan adanya fitur OTP.
  10. Fitur premium terlihat lebih jelas dan bagus, dan pastinya Gratis, Gratis, dan Gratis.

Kekurangan Bukalapak System & Tampilan

  1. Warna dasar tema tampilan yang terlalu mencolok, sehingga kurang enak dipandang.
  2. SEO yang tidak optimal saat dicari melalui Google.
  3. Walaupun dana masuk ke Bukadompet cepat, namun pencairan saldo dari Bukadompet terhitung lama. Bahkan bisa lebih dari sehari.
  4. Fitur deksripsi barang yang belum memadai karena dimensi kotaknya sangat kecil. Bahkan sering error hingga tag html terbawa pada tulisan.
  5. Aplikasi Bukalapak banyak memakan memori RAM, sehingga terkadang lag dan loading.
  6. Fitur Quick Buyer yang terkadang mengganggu penjual karena tidak dapat menghubungi pembeli secara langsung.
  7. Tidak memiliki fitur pre-order.
  8. Waktu proses pemesanan yang sangat singkat, karena hanya diberikan waktu 2 hari untuk menginputkan nomor resi pengiriman.
  9. Notifikasi yang sering terlambat masuk, bahkan terkadang fitur ini berkesan kurang bermanfaat karena kendala tersebut.
  10. Tidak memiliki fitur untuk melakukan black-list pada pembeli yang bermasalah.

 

Logo tokopedia netjurnal

Berikutnya kita bahas dari TokoPedia salah satu website perusahaan besar yg menyediakan Fitur Jual dan Beli di dalam website tersebut,Langsung saja kita bahas kelebihan & kekurangan Tokopedia Menurut mimin dan narasumber lainya.

Tokopedia punya kelebihan dan kekurangan, memang tak ada gading yang tak retak, setidaknya inovasi lah yang membuah segala sesuatu menjadi lebih baik.

Kelebihan Tokopedia khusus Penjual

  1. Penampilan website adalah yang paling utama, dengan dominasi warna hijau yang terkesan segar dan simpel.
  2. Gratis tentunya
  3. halaman toko dan produk yang sangat minimalis tapi informatif.
  4. Bagian penambahan daftar produk juga sangat jelas, pilihan kategori lebih bervariasi dan fitur harga grosir.
  5. Fitur Preorder, untuk produk yang butuh pemrosesan lebih lama, misalnya barang impor.
  6. Pilihan pengiriman beserta biaya tambahan yang dikenakan.
  7. Transfer saldo ke rekening sangat cepat, rata-rata 2 s/d3 jam, max 4 jam ke bank yang disarankan yaitu BANK BCA saja,
  8. Waktu proses pesanan bisa mencapai 5 – 7 hari semenjak invoice masuk, jadi bisa lebih leluasa.
  9. Walaupun banyak bug, tapi keamanan akun cukup bagus, penggunaan kode OTP sangat diapreasiasi

Kelebihan dan kekurangan tokopedia 2

Kekurangan Tokopedia Khusus Penjual

  1. Baik itu website maupun aplikasinya sering Error, mulai dari notifikasi nyangkut, notifikasi telat hingga lemot.
  2. Website terlalu berat untuk konesi yg kurang,Loadingnya terlalu lama mungkin efek server pengunjung yg terlalu banyak hingga overload.
  3. Setelah maintenance walaupun hanya beberapa jam, tapi problem nya menyusul hingga 1 s/d 2 hari, mulai dari foto yang hilang, lemot dan ketidaksesuaian data toko.
  4. Tidak tersedia pilihan untuk mem-blacklist pembeli.
  5. Perang harga terlalu kejam, banting harga hingga hancur-hancuran dan sekaligus memberi peluang kecil untuk laku dengan harga lebih mahal, walaupun cuma selisih beberapa ribu Rupiah saja.
  6. Mau jadi Gold Merchant?, boleh saja… kami rekomendasikan,,, tapi sebenernya hanya terkesan lebih eksklusif dan punya tampilan sedikit lebih baik saja, selebihnya peluang barang untuk lebih laku tidak berubah.
  7.  Poin ini untuk pembeli, Setinggi apapun reputasi dan statistik transaksi yang dimiliki, bakal selalu ada pertanyaan “Ready gak barangnya?”
  8. Fitur pengelolaan stok barang yang kurang canggih, ketika ada pembeli yang menunggu pembayaran maka stok tidak otomatis berkurang (Ada kemungkinan sistem ini Error karena belum Siap)
  9. Tidak tersedia fitur diskon berbatas waktu

 

Oke selanjutnya kita  sedikit mengulas apa itu LAZADA , LAZADA merupakan salah satu toko online terbesar saat ini dan teramai jika dibandingkan dengan pesaingnya. Lazada hadir dengan desain website yang profesional dan berkelas. Menjadi salah satu trendsetter dari toko online yang bermunculan saat ini.tapi kenapa website tersebut masih ada kekurangan,ingin tahu kekurangan yang belum teman-teman ketahui mari di simak..
 

Kelebihan dari Lazada 


  1. Terdapat Fitur COD

  2. Banyak diskon dan voucher terutama Flash Sale yang sering kita kenal

  3. Pengiriman gratis untuk wilayah JABODETABEK dengan berat produk maksimal 6 kg
    Jaminan barang kembali (s & k)

  4. Barang pesanan cepat di respond oleh para seller lazada,jadi pengiriman lebih cepat.

  5. Navigasi toko yang mudah

  6. Banyak sekali variasi produk dari puluhan kategori yang mereka sediakan
 

Kekurangan dari Lazada 


  1. Ongkos kirim mahal. Untuk normalnya misalnya jika dibandingkan dengan JNE per kg hanya sekitar 16 ribu untuk Jakarta-Jogja. Di Lazada Ongkir mencapai 25 ribu untuk kategori yang sama.

  2. produk yang ditawarkan diklaim sebagai produk asli. Padahal jika dibandingkan dengan toko offline sebut saja Sport Station (Sepatu), kualitas bahan masih dibawahnya. Walaupun dari segi penampilan masih terlihat sama. Dan tentu saja dari sisi keawetan pasti akan berbeda, karena pembeli tidak bisa komplain masalah keawetan kepada Lazada karena awet tidaknya suatu produk hanya bisa dinilai setelah produk dipakai dalam kurun waktu tertentu.

  3. Proses pengembalian barang yang ribet. Jika produk yang dikembalikan ditolak oleh pihak Lazada, maka ongkos kirim akan dikenakan pada pembeli. Ini berarti pembeli harus membayar 2 x ongkir.
  4. Dan untuk teman-teman ingin berjualan di lazada memasarkan produk yang kita Jual,Kita akan di kenakan biaya Deposit Minimal deposit itu berlaku Artian dalam deposit tersebut adalah,setelah kita memasukan deposit ke lazada dan dagangan kita terjual maka deposit tersebut kepotong dan di cairkan ke rekening kita,Ngomong-ngomong soal deposit saya ketahui dari teman terdekat saya nominal deposit wal tersebut sampai 500rb .

 

Terakhir dari Topik kita,Pastinya kita gak bakal lupa dengan website satu ini apa lagi yang sering iklan di chanel" tv dengan tema iklan bercampurkan komedia yang membuat kita tertawa seketika melihat iklan di tv dari Shopee ,Lalu apakah kalian sudah tau kelebihan website satu ini dan juga Kekurangan yang masih tertutupi ? oke langsung saja sesuai topik kita di simak . .

Apa kelebihan berbelanja di Shopee Mall?

  1. 100% Original
    Shopee menjamin bahwa produk yang terdaftar di Shopee Mall adalah 100% original. Bila produk dari Shopee Mall yang Anda terima bukan produk original, Shopee akan mengembalikan dua kali dari jumlah harga produk yang Anda bayarkan untuk produk tersebut, di mana biaya pengembalian dua kali tersebut akan ditagihkan kepada penjual.
  2. Gratis Ongkir Spesial
    Nikmati Gratis Ongkir Spesial pada semua produk Shopee Mall dengan min. pembelian lebih rendah.
  3. 7 Hari Pengembalian
    Untuk menjamin kepuasan Anda, Shopee Mall memberikan waktu hingga 7 hari setelah penerimaan barang untuk Anda mengajukan pengembalian. Anda dapat melakukan pengembalian gratis* (melalui Pos Kilat Khusus) dan praktis untuk pengajuan yang memenuhi Syarat dan Ketentuan kami (pengembalian karena produk tidak original, rusak, cacat atau salah) dan seluruh dana akan dikembalikan ke Anda.

Lalu apa saja Keuntungan Bagi Calon Penjual di Shopee ?

Menurut pengalaman saya sendiri yg pernah berjualan di shope

  1. Pertama Metode input dagangan sangat dinamis dan simple,pastinya tidak ribet bagi pemula yang ingin memulai usaha online .
  2. Sistem Iklan Toko yang menarik dan murah perklik itu bisa kita input sendiri dengan minimal 50 rupiah perklik/view orang lihat iklan Lapak kita.anggap saja biaya terimakasih sebagai penyedia website tsb,Produk yang kita jual juga cepat di lirik calon pembeli tergantung kita menata tampilan gambar & deskripsi dagangan kita .
  3. Tingkat Pembeli di shope 75% jadi lebih besar tingkat larisnya dagangan kita Laris gan,seperti yang saya menurut pengalaman saya berjualan di shope.
  4. Pencairan dana cepat jika pagi s.d sore ,jika malam akan di proses keesokan harinya

 

Kekurangan dari Shopee

  1. Bagian sebagai pembeli dan website khusus  penjual terpisah
  2. Penampilan deskripsi produk sangat tidak enak dilihat dan membuat pembeli jadi malas membaca.Karna gak ada system Bold dan Ukuran Huruf
  3. Terkadang system eroor dan dana masuk ke ShopeePay sering lama dan tanggal yang pencairan yg tsering eroor ,tetapi ini kesalahan system dan tidak real cuman hitungan jam langsung Refresh lagi ke tanggal real dan pencairan ke Shopee Pay langsung masuk
  4. Setiap kategori terakadang dangan random alias gado-gado apa salah system / yang masukin dagangan yang dodol wkwk

 

Oke bagaiman sudah mendapatkan tempat yang cocok untuk membeli / memulai usaha dagang online ? jika sudah Terimakasih atas kunjungan nya teman-teman.

Jika ada pertanyaan silakan coment ya ,dan jangan lupa di share okay !

Share on Google Plus

About ADmin

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment