4 Developer Game Indonesia dengan Karya Luar Biasa

5 Developer Game dengan Karya Luar Biasa 

yang tidak kita Ketahui




Pengembang atau developer game dapat diartikan sebagai seseorang atau sekelompok orang yang bekerja sama untuk merancang, membuat dan menganalisis game. Biasanya mereka juga bertindak sebagai publisher atau bisa bekerja sama dengan pihak lain sebagai publisher game yang mereka buat.
EA, Ubisoft, Gameloft dan Kairosoft adalah sebagian kecil dari developer-developer yang sudah mendunia. Perlu kalian ketahui bahwa keempat perusahaan pengembang game tersebut berasal dari luar negeri. Lalu, apakah kita punya pengembang-pengembang game terbaik dan punya karya yang ciamik pula? ada. Beberapa bahkan sudah diakui oleh dunia melalui karya-karya mereka yang bisa dibilang sukses.

Berikut ini saya rangkum 5 pengembang game asli Indonesia dengan karya paling GILA!


1.NIghtspade adalah pengembang game asal Kota Bandung yang didirikan pada tahun 2009. Siapa sangka dari awalnya hanya tugas kuliah, sekarang mereka punya berbagai prestasi yang mentereng di tingkat nasional?
Nightspade hanya fokus untuk mengembangkan game-game untuk platform mobile dengan konsep mereka sendiri. Game buatan mereka yang dikenal banyak orang yaitu Nuclear Outrun dan Animal Pirates.

Tinker Games adalah perusahaan pengembang game asal Bandung yang dikenal karena salah satu karyanya yang mendunia yang berjudul 'Inheritage'. Game ini banyak memasukan unsur budaya Indonesia, dan mendapat respon yang memuaskan baik di dalam negeri maupun luar negeri. Salah satu kelebihan dari Tinker Games adalah mereka membuat game tidak untuk satu platform saja, sehingga game-game mereka bisa dinikmati oleh semua user dengan berbagai 

2.Kidalang adalah developer game asal Bandung dengan prestasi yang cukup mentereng. Sebut saja gelar The Tizen App Challenge yang diselenggarakan pada tahun 2014 di Spanyol dimana game buatan mereka yang berjudul Sage Fusion diterima baik di mata dunia, dan juga mereka berhasil memenangkan penghargaan Indie Prize Casual Connect Asia 2015 lewat karya mereka yang lain yang bernama An Octave Higher.

3.Digital Happiness adalah studio pengembang game asal Kota Bandung yang didirikan tahun 2013 oleh Rachman Imron. Nama pengembang game ini mulai dikenal setelah kesukesan game horror buatannya, DreatOut. Bahkan Youtube gamer seperti PewDiePie pernah mainin juga. Sekarang ini mereka sedang sibuk untuk menghadirkan 'DreadEye'

4.Own Games adalah studio pengembang game asal Kota Bandung yang didirikan pada tahun 2011 dengan game buatannya yang ngehits pertengahan tahun 2016 lalu. Satu kelebihan dari developer ini adalah kemampuan mereka untuk mengemas game ala mereka sendiri sehingga game yang mereka telurkan terlihat mencolok karena beda dari yang lain, terutama pada sisi grafis. Walaupun saya mengakui ada satu kekurangan yang cukup fatal, yaitu gameplay beberapa game mereka cenderung monoton. Tapi walaupun begitu saya tetep apresiasi mereka sebagai anak bangsa yang kreatif
Jadi itulah developer game terbaik di Indonesia dengan karya yang Mantap, memang mayoritas dari list yang saya sebutkan disini adalah developer asal Bandung, karena memang disana pusatnya industri kreatif, dan bukan berarti developer diluar kota Bandung itu kurang memuaskan karyanya. Sebenarnya ada beberapa developer game asal Surabaya dan Jogja yang punya karya mentereng pula.
Share on Google Plus

About ADmin

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment