Tips Menentukan Strategi Pemasaran e-comerce Yang Benar


Jika Anda ingin menarik perhatian audiens yang Anda inginkan, Anda perlu mengembangkan strategi pemasaran pelanggan terbaik. Di bawah ini, kami akan menguraikan beberapa langkah dasar yang dapat Anda ikuti untuk melakukannya.

Pilih Tim Anda




Untuk memulai, penting untuk memiliki tim yang tepat. Sulit untuk membangun strategi pemasaran pelanggan yang mengesankan sendirian. Anda membutuhkan orang yang dapat membantu Anda mempelajari lebih lanjut tentang audiens Anda, mengembangkan konten Anda, dan berinteraksi dengan pelanggan Anda secara teratur. Untuk mengumpulkan tim ini, Anda memiliki dua opsi utama.


Pertama, Anda dapat membawa karyawan ke dalam organisasi Anda. Jika Anda sudah memiliki tim pemasaran, maka Anda dapat melompat ke langkah berikutnya. Jika tidak, putuskan apakah Anda mampu mendatangkan beberapa orang baru. Carilah orang-orang yang memiliki pengalaman dalam pemasaran di industri khusus Anda dan yang memiliki riwayat hasil.


Jika Anda tidak mampu mempekerjakan orang baru, pertimbangkan untuk menggunakan perusahaan luar. Misalnya, Anda dapat menyewa perusahaan pemasaran digital yang akan menangani sebagian besar pekerjaan untuk Anda. Mereka dapat membuat materi pemasaran, mempromosikannya ke audiens target Anda, dan memantau jejaring sosial Anda. Kedua rute memiliki keuntungannya masing-masing, jadi luangkan waktu untuk memutuskan mana yang paling cocok untuk Anda.


Lakukan Riset Audiens

Jika Anda memutuskan untuk membangun strategi pemasaran pelanggan Anda sendiri, maka langkah selanjutnya adalah melakukan riset audiens. Anda ingin belajar sebanyak mungkin tentang audiens target Anda sehingga Anda tahu persis bagaimana dan di mana menjangkau mereka.


Mulailah dengan membangun persona pelanggan. Ini adalah deskripsi fiktif tentang pelanggan ideal Anda. Ini mencakup hal-hal seperti usia, jenis kelamin, lokasi, pendapatan, dan minat mereka. Dari sana, Anda dapat mulai mempelajari lebih lanjut tentang persona ini, seperti untuk apa mereka membelanjakan uangnya atau platform media sosial apa yang mereka gunakan.


Ada banyak cara untuk mempelajari informasi ini, seperti mengirimkan survei, menganalisis lalu lintas situs web yang ada, atau membaca studi online.


Hal penting lain yang perlu dipelajari tentang audiens Anda adalah bagaimana mereka menyukai situs web Anda. Situs web Anda memainkan peran penting dalam mendatangkan pelanggan dan mengonversinya. Strategi yang baik adalah berinvestasi dalam platform penelitian UX. Platform ini akan membantu Anda mempelajari lebih lanjut tentang pengalaman pelanggan Anda dan menemukan cara untuk meningkatkannya.


Fokus pada Saluran Prioritas



Setelah Anda tahu lebih banyak tentang audiens Anda, Anda kemudian ingin memusatkan perhatian Anda pada saluran prioritas. Dalam kebanyakan kasus, tidak masuk akal untuk memasarkan diri Anda secara merata di semua saluran. Misalnya, beberapa audiens lebih mudah menerima konten video, sementara yang lain lebih suka membaca posting blog. Lainnya tidak online sepenuhnya dan lebih cenderung terpengaruh melalui iklan televisi.


Pilih satu atau dua saluran, lalu mulailah mengembangkan strategi Anda untuk itu. Ini biasanya termasuk mengembangkan beberapa konten, seperti tutorial video atau iklan, dan menemukan tempat untuk meletakkannya. Saat mengembangkan strategi Anda, pastikan Anda mengingat pelanggan ideal Anda. Profil pelanggan Anda harus memengaruhi jenis suara yang Anda gunakan, gaya konten Anda, dan banyak lagi.


Tetap Konsisten



Akhirnya, setelah Anda mulai menerapkan strategi pemasaran Anda, pastikan Anda tetap konsisten. Terlalu banyak bisnis yang dimulai dengan hebat, kemudian mulai memudar begitu mereka mencapai kesuksesan atau ketika kesuksesan membutuhkan waktu terlalu lama untuk datang. Dalam kedua kasus tersebut, lebih baik tetap konsisten, karena ini akan memberi Anda manfaat paling banyak dalam jangka panjang.

Hal terbaik yang dapat Anda lakukan adalah mengembangkan jadwal untuk diri sendiri. Misalnya, Anda dapat menetapkan tujuan untuk merilis posting blog baru setiap minggu. Buat jadwal yang dapat dipatuhi oleh tim pemasaran Anda, sesuaikan dengan tujuan jangka panjang Anda.


Jangan Puas dengan sembarang Strategi Pemasaran Pelanggan


Untuk mengembangkan bisnis saat ini, Anda memerlukan strategi pemasaran pelanggan yang benar-benar mengesankan. Jika Anda mencoba melakukan hal-hal dengan cara yang sama seperti yang selalu Anda lakukan, tidak akan lama sebelum pesaing Anda melewati Anda. Mengembangkan strategi pemasaran pelanggan yang mengesankan membutuhkan waktu, tetapi jika Anda berusaha sekarang, manfaat jangka panjangnya sangat berharga.

Share on Google Plus

About ADmin

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment